0812-2641-2631 hello@happy-bus.id
Tips Solo Travel Bagi Wanita

Tips Solo Travel Bagi Wanita

Solo Traveling  atau bepergian sendiri saat ini sedang marak. Bahkan banyak wanita yang menyukai bepergian sendirian. Mereka beralasan, dengan bepergian secara solo, akan menambah pengalaman dan pelajaran hidup. Selain itu mereka juga merasa lebih tenang dan dapat menikmati waktu liburan sepuasnya. Namun, bagaimanapun juga wanita lebih rentan akan kejahatan di tempat – tempat yang baru. Berikut beberapa tips solo travel bagi wanita dari Happy Trans dan Happy Car.

1.  Lakukan Kunjungan pada Siang Hari

Ketika anda berlibur, tentu saja anda ingin menikmati seuluruh waktu anda untuk berpetualang ke tempat – tempat yang ada di tujuan wisata anda. Bahkan tak jarang anda berkeliling di malam hari. Namun, untuk wanita yang melakukan perjalanan solo sebaiknya tidak keluar atau berjalan – jalan di malam hari terlalu jauh. Ada kemungkinan anda akan tersesat di jalan dan menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Berbeda halnya dengan ketika anda berkeliling di siang hari, jika anda tersesat anda masih dapat melihat jalan dengan terang dan masih banyak orang yang dapat dimintai tolong untuk mengantar atau hanya sekedar bertanya jalan.

2.  Bersikaplah sewajarnya

Ketika berlibur, tersesat sudah tentu hal yang lumrah. Namun bagaimana cara anda menyikapinya akan sangat mempengaruhi keamanan anda selama perjalanan. Kebanyakan orang justru menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan atau bahkan korban kejahilan penduduk local. Saat anda bersikap biasa saja saat bertanya, mereka akan mengira bahwa anda sudah terbiasa berkunjung di tempat tersebut. Berbeda dengan sikap anda yang terlihat kebingungan, mereka akan dapat mengetahui bahwa anda tidak mempunyai teman dan sangat asing dengan tempat tersebut.

3.  Batasi Diri Sendiri

Batasi diri sendiri disini adalah membatasi anda dari kegiatan – kegiatan yang akan menguras tenaga selama berlibur. Berlibur sendirian tentu akan membutuhkan tenaga yang lebih, karena anda akan butuh mengurus diri anda sendiri, mulai dari transportasi, akomodasi hingga makan selama liburan. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak mengunakan tenaga anda, ketika merasa lelah segeralah beristirahat. Jika anda terlihat lelah, tak bersemangat dan sakit akan mengundang para pelaku kriminalitas untuk melakukan tindak – tindak criminal terhadap anda.

4.  Manfaatkan Tehnologi dan internet

Kehidupan para milenialis saat ini rasanya tak dapat dipisahkan dari dunia maya dan tehnologi. Saat ini segala sesuatu bisa sangat mudah untuk ditemukan dari internet. Kita dapat mencari berbagai macam informasi melalui internet. Untuk itu, kan sangat berguna jika sebelum mengunjungi suatu tempat anda melakukan research terlebih dahulu. Carilah informasi sebanyak – banyaknya tentang tempat – tempat yang akan anda kunjungi melalui internet, bergabunglah dengan komunitas – komunitas traveling yang ada. Dengan begitu, anda tidak akan merasa bodoh dan buta ketika tiba di  tempat anda berlibur.

5.  Simpan Foto Dokumen

Tips lain yang sepele namun sangat bermanfaat adalah dengan mendokumentasikan dokumen – dokumen penting anda melalui foto. Ada baiknya anda memotret KTP,SIM,Paspor dan dokumen – dokumen indentitas anda lainnya. Simpan di handphone atau unggah ke penyimpanan online anda seperti Dropbox atau Google Drive. Ini akan membantu anda jika sewaktu – waktu terjadi kehilangan. Sehingga anda akan lebih mudah dalam menanganinya.

6.  Miliki Kontak Bantuan

Kontak Bantuan disini adalah kontak setiap orang yang mungkin akan mintai bantuan dan berada cukup dekat dengan lokasi wisata anda. Misalnya kontak keluarga anda yang tinggal di wilayah itu, atau teman anda yang sedang berada di wilayah itu. Degan begitu anda tidak perlu merasa kebingungan ketika terjadi sesuatu selama perjalanan.

Demikian beberapa tips yang mungkin akan membantu selama perjalan liburan yang dilakukan oleh wanita sendirian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *